RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah
Ibtidaiyah : MI Muhammadiyah Karangtalun Kidul
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : Merespon dengan mengulang kosakata baru
dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
-
Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan pengucapan bahasa
Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani (
courage )
Metode Pembelajaran : - Siswa
bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata
baru
yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
-
Masing-masing siswa mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata
baru yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam
gambar.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
mengulang apa yang diucapkan
guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F
Guru
memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru
dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di
rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2. Gambar-gambar atau benda-benda yang
berkaitan dengan materi ajar
3. Rekaman kaset/CD
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan mengulang apa
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§
Merespon dengan mengulang apa
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa
Inggris yang benar
|
Tes lisan
|
Merespon dengan mengulang
secara lisan
|
Listen to the words and repeat.
Guru : crayon
Murid : (mengulang dengan
ucapan lantang)
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel Bahasa Inggris
SYAHIDAN,A.Ma RARAS
WURI MISWANDARU
NIP. 197906262007011035 NIP. --
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah Ibtidaiyah : MI
Muhammadiyah Karangtalun Kidul
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara
berterima
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi
yang didengar dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode
Pembelajaran : Siswa
memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau
yang
didengar dari kaset/CD bersama-sama
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa kegiatan apa saja yang ada dalam gambar.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar
dari kaset/CD secara bersama-sama (sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh
dalam memperagakan instruksi yang diberikan) secara tekun.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membagi siswa dalam kelompok dan secara bergantian masing-masing kelompok
memperagakan instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD, secara tanggung jawab dan berani serta dapat dipercaya.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan secara
hormat dan perhatian.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
F
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku
teks Let’s Make Friends with English,
Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2. Rekaman kaset/CD
3. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan memperagakan
instruksi-instruksi yang didengar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the instructions and
follow them.
Guru : Jump.
Siswa : (melompat)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel Bahasa Inggris
SYAHIDAN,A.Ma RARAS
WURI MISWANDARU
NIP. 197906262007011035 NIP. --
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah Ibtidaiyah : MI
Muhammadiyah Karangtalun Kidul
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/1
Standar Kompetensi :
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam
konteks kelas
Kompetensi Dasar :
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi
secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu
benda dan menanyakan
seseorang
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat bercakap-cakap untuk menanyakan suatu benda
2. Siswa
dapat bercakap-cakap untuk menanyakan seseorang
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melakukan tanya jawab yang berkaitan
dengan materi
2. Siswa
meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Siswa
dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam
situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa
Inggris dan siswa menjawab.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih
kosong dalam buku teks.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat
dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F
Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan
mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan,
penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F
Guru
menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F
Guru
meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru
saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada
siswa yang berani maju ke
depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Script
percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3.
Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
4.
Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§
Menanyakan suatu benda
§
Menanyakan seseorang
|
·
Tes lisan
·
Unjuk kerja
|
·
Pertanyaan
·
Performance
|
·
Answer
the questions orally!
·
Act
out the dialogue in front of the class!
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel Bahasa Inggris
SYAHIDAN,A.Ma RARAS
WURI MISWANDARU
NIP. 197906262007011035 NIP. --
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah Ibtidaiyah : MI
Muhammadiyah Karangtalun Kidul
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/1
Standar Kompetensi :
2. Mengungkapkan
informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
2.2 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : menanyakan
kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menyebutkan ukuran sebuah benda
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
percakapan sesuai materi
4. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa
Inggris dan siswa menjawab.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih
kosong dalam buku teks.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan
secara berpasangan ataupun berkelompok).
F
Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan
mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan,
penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F
Guru
menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F
Guru
meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru
saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada
siswa yang berani maju ke
depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Script
percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi
ajar
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§
Menanyakan kegiatan yang sedang
dilakukan seseorang
§ Menyebutkan ukuran sebuah benda
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the
questions orally!
(siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang sudah
dipelajari)
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel Bahasa Inggris
SYAHIDAN,A.Ma RARAS
WURI MISWANDARU
NIP. 197906262007011035 NIP. --
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/1
Standar Kompetensi :
3. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
3.1
Membaca nyaring dengan ucapan dan
intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat
sangat sederhana
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat melafalkan kata, frasa, dan
kalimat dengan baik dan benar
2. Siswa dapat membaca kata, frasa, dan
kalimat dengan intonasi yang benar
3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik
dan benar
Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation dan intonation
2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring
yang dilakukan guru
3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan
intonasi dan jeda sesuai model
4. Siswa
membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang mengerjakan PR ketika akan membahas
bacaan mengenai anak yang sedang mengerjakan PR.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bacaan.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai
sementara siswa mendengar.
F
Guru
membaca teks secara lantang
untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring
dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri
dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan
kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang
melakukan kesalahan dalam membaca).
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
bertanya apakah siswa memahami teks yang dibaca.
F
Guru
mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila
teks yang dibaca tentang
mengerjakan PR, guru bertanya apakah siswa rajin mengerjakan PR.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Melafalkan kata, frasa, dan
kalimat dengan baik dan benar
§
Membaca kata, frasa, dan
kalimat dengan intonasi yang benar
§
Membaca nyaring dengan baik dan
benar
|
·
Tes unjuk kerja
·
Observasi
|
·
Uji petik membaca nyaring
·
Lembar observasi
|
· Read
all the sentences aloud.
Puput
is doing homework.
She
is sitting on a chair.
She
is writing in a book.
· Read
all the sentences loudly and carefully.
Mrs Tini is my
teacher.
Her shoes are big.
My shoes are small.
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/1
Standar Kompetensi :
3. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
3.2 Memahami
kalimat dan teks deskriptif bergambar
sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks deskriptif bergambar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa mengidentifikasi informasi yang
terdapat dalam bacaan
3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang mengerjakan PR ketika akan membahas
bacaan mengenai anak yang sedang mengerjakan PR.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bacaan.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap
kelompoknya.
F
Siswa
membaca teks secara
individual.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Setelah
selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya
mencocokkan gambar dengan deskripsi yang ada dalam teks.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa
dan membahasnya secara bersama-sama.
F
Guru
mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila
teks yang dibaca tentang mengerjakan PR, guru bertanya apakah siswa rajin
mengerjakan PR.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§
Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks deskriptif bergambar
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada
dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
|
§
Point to the student in the
picture described in the text.
Puput
is doing homework.
She
is sitting on a chair.
She
is writing in a book
|
.
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/1
Standar Kompetensi :
4.
Mengeja dan menyalin tulisan
bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
4.1 Mengeja
kosakata bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat
mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa mengeja kosakata materi terkait
berdasarkan gambar yang terdapat dalam buku teks
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas ketika akan membahas
topik tentang kegiatan di kelas.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bahasan.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F
Guru
meminta siswa mengerjakan latihan menebalkan garis putus-putus nama benda-benda
yang terdapat pada gambar.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
dapat melakukan kegiatan ini
secara individual atau berpasangan.
F
Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru
mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menebalkan nama-nama
benda dengan ejaan yang benar.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F
Sebagai
latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa
menulis nama benda berdasarkan benda yang guru pegang di papan tulis.
F
Guru
mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan
kosakata yang dipelajari
siswa.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Buku-buku lain yang relevan
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi
ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar
|
Tes tulis
|
Menulis kosakata dengan ejaan yang benar
|
§
Trace names of certain objects with the correct
spelling.
(gambar book)
(gambar pencil)
(gambar chalk)
(gambar pencil sharpener)
(gambar rubber)
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/1
Standar Kompetensi :
4. Mengeja
dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
4.2
Menyalin kosakata bahasa Inggris
sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat menyalin dan mencocokkan kata
dengan gambar yang sesuai
2. Siswa dapat menulis nama-nama alat tulis,
kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai dengan gambar yang
tepat
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa menyalin dan mencocokkan kosakata
dengan gambar
2. Siswa menulis nama-nama alat tulis dan
kata sifat
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Apersepsi
dan Motivasi
:
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas ketika akan membahas
topik tentang kegiatan di kelas.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bahasan.
3. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan
benar dan sesuai dengan gambar yang tepat
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
meminta siswa mengerjakan latihan menyalin dan mencocokkan kosakata dengan
gambar dan menulis nama-nama alat tulis dan kata sifat sesuai dengan gambar.
F
Siswa
dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F
Pada
saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa
sudah menulis dengan benar.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F
Sebagai
latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa
menulis nama-nama alat tulis dan kata sifat berdasarkan apa yang guru ucapkan.
F
Guru mengingatkan siswa agar mereka mengingat
kosakata yang dipelajari.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Buku-buku lain yang relevan
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi
ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Menyalin dan mencocokkan kata
dengan gambar yang sesuai
§ Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan
benar dan sesuai gambar yang tepat
|
Tes tulis
|
·
Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
·
Menulis kosakata dengan benar dan sesuai
dengan gambar
|
§
Write names of the objects based
on the pictures.
(gambar buku,
pensil, penghapus, kapur, peraut pensil)
§
Write the adjectives based on the
pictures.
(gambar-gambar anak
perempuan dengan rambut panjang, anak laki-laki dengan rambut pendek, sepatu
orang dewasa, sepatu anak-anak )
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/2
Standar Kompetensi :
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
5.1 Merespon
dengan mengulang kosakata baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengulang apa yang
didengarnya dengan suara lantang
2. Siswa dapat mengulang apa yang
didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing siswa mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam
gambar.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara
klasikal.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
mengulang apa yang diucapkan
guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F
Guru
memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru
dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru
meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan
di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2. Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi
ajar
3. Rekaman kaset/CD
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan mengulang apa
yang diucapkan guru atau di dengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan peng-ucapan baha-sa Inggris yang benar
|
Tes
lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen to the names of games and repeat.
Guru : jackstone
Murid : (mengulang dengan ucapan
lantang)
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor :
jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/2
Standar Kompetensi :
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
5.2
Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai instruksi secara berterima
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat
memperagakan instruksi-instruksi yang didengar dengan benar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa
memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari
kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa kegiatan apa saja yang ada dalam gambar.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama
(sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang
diberikan).
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara berkelompok (guru
dapat memotivasi siswa agar kompak dengan kelompoknya).
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
F
Guru
memberi apresiasi terhadap siswa yang melakukan instruksi-instruksi dengan
benar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2. Rekaman kaset/CD
3. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to
the instructions and follow them.
Guru: Jump.
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/2
Standar Kompetensi :
6. Mengungkapkan
informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
6.1 Menirukan
ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat
meniru pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang
tepat
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan
dan respon pertanyaan
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa
Inggris dan siswa menjawab.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
mengucapkan pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan yang menjadi fokus
bahasan bab dengan lantang.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
diminta meniru apa yang guru ucapkan dengan lantang secara klasikal.
F
Siswa
dibagi ke dalam kelompok dan secara bergantian setiap kelompok berlatih meniru
ujaran-ujaran yang diucapkan guru.
F
Selama
siswa berlatih, guru memperhatikan pengucapan dan intonasi siswa. Jika ada
siswa yang melakukan
kesalahan, guru segera membetulkan kesalahan tersebut.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan ujaran-ujaran
yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good
pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Script
percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi
ajar
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
dengan pengucapan dan intonasi yang tepat
|
Unjuk kerja
|
Performance
|
Repeat the
expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru : Where is my bag?
Siswa : (mengulang
dengan pengucapan dan
intonasi yang tepat)
Guru : It is here.
Siswa : (mengulang
dengan pengucapan dan
intonasi yang tepat)
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/2
Mengungkapkan informasi sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
6.2
Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
menyebutkan kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan
kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan
kepemilikan
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
dimana suatu benda berada
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
dengan materi
2. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
3. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa
Inggris dan siswa menjawab.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru memberikan contoh dialog-dialog yang
berkaitan dengan materi.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
melengkapi dialog-dialog yang
masih kosong dalam buku teks.
F
Siswa
berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat
dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F
Selama
siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang
dilakukan oleh siswa.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan,
penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F
Guru
menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F
Guru
meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru
saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada
siswa yang berani maju ke
depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Script
percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi
ajar
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§
Menyebutkan kepemilikan
§
Menanyakan di mana suatu benda
berada
§
Menanyakan kegiatan yang sedang
dilakukan seseorang
|
·
Tes lisan
·
Unjuk kerja
|
·
Pertanyaan
·
Performance
|
Answer the questions orally.
Guru : What are you doing?
Siswa : I am
playing marbles.
Guru : What are you doing?
Siswa : I am
playing jackstone.
Act out the dialogue in front of the class.
Siswa A : Where is my notebook?
Siswa B : It is here..
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/2
Standar Kompetensi :
7.
Memahami tulisan bahasa Inggris
dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
7.1
Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang
melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat melafalkan frasa dan kalimat
dengan benar
2. Siswa dapat membaca frasa dan kalimat dengan
intonasi yang benar
3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan
benar
Karakter siswa yang
diharapkan :Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage
)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation dan intonation
2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring
yang dilakukan guru
3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan
intonasi dan jeda sesuai model
4. Siswa
membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang bercerita ketika akan membahas bacaan
mengenai seorang anak yang senang bercerita.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bacaan.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membaca teks secara lantang dengan
pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa
untuk menirukan membaca
nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
F
Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri
dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan
kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang
melakukan kesalahan dalam membaca).
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
bertanya apakah siswa memahami teks yang dibaca.
F
Guru
mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila
teks yang dibaca tentang anak
yang senang bercerita, guru bertanya kepada siswa cerita apa yang mereka senang
ceritakan pada teman mereka.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Melafalkan frasa dan kalimat
dengan benar
§
Membaca frasa dan kalimat dengan
intonasi yang benar
§
Membaca nyaring dengan baik dan
benar
|
§ Tes
unjuk kerja
§ Observasi
|
§ Uji petik membaca nyaring
§ Lembar observasi
|
Answer the questions orally.
Read the sentences aloud.
Angga is a student.
This is his classroom.
He likes to tell stories.
He tells a story in front of the class.
Read all the sentences loudly and carefully.
They play hide and seek.
We play see-saw.
I play slide.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor :
jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/2
Standar Kompetensi :
7.
Memahami tulisan bahasa Inggris
dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
7.2 Memahami
kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks deskriptif bergambar
Karakter siswa yang
diharapkan :Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa mengidentifikasi informasi yang
terdapat dalam bacaan
3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang bercerita ketika akan membahas bacaan
mengenai seorang anak yang senang bercerita.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bacaan.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari
tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
membaca teks secara individual.
F
Setelah
selesai membaca, guru meminta
siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mencocokkan gambar dengan
deskripsi yang ada dalam teks.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
F
Guru
mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila
teks yang dibaca tentang anak
yang senang bercerita, guru bertanya kepada siswa cerita apa yang mereka senang
ceritakan pada teman mereka.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Buku-buku lain yang relevan
3.
Alat peraga
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§
Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks deskriptif bergambar
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada
dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
|
Point to the
correct student in the picture described in the text.
Angga is a student.
This is his
classroom.
He likes to tell
stories.
He tells a story in
front of the class.
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/2
Standar Kompetensi :
8. Mengeja
dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
8.1 Menyalin
kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan
ejaan yang benar
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat
menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
Karakter siswa yang
diharapkan :Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa menyalin dan mencocokkan kosakata
dengan gambar
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas mereka ketika akan membahas tentang My Classroom.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bahasan.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta siswa mengerjakan latihan memberi
nama-nama benda yang ada di kelas yang terdapat pada gambar.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F
Pada
saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah
setiap siswa sudah menulis
nama-nama benda yang ada di kelas dengan ejaan yang benar.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F
Sebagai
latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa
menulis nama-nama benda yang ada di kelas berdasarkan gambar atau benda yang
guru pegang di papan tulis.
F
Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan
yang benar yang berkaitan dengan kosakata yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Buku-buku lain yang relevan
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi
ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
|
Tes tulis
|
Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
|
Trace names of the objects based
on the pictures given.
(gambar
pensil warna)
(gambar
buku)
(gambar
pensil)
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
I/2
Standar Kompetensi :
8. Mengeja
dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
8.2 Melengkapi
kosakata sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat
melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa melengkapi kosakata berdasarkan
gambar
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai
contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas mereka ketika akan membahas tentang My Classroom.
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik
bahasan.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat melengkapi kosakata dengan huruf
yang sesuai
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
meminta siswa mengerjakan latihan menulis kosakata sesuai dengan gambar.
F
Siswa
dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F
Pada saat melakukan kegiatan ini, guru
mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F
Guru
mengingatkan siswa agar mereka mengingat kosakata yang dipelajari.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.
Buku-buku lain yang relevan
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi
ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai
|
Tes tulis
|
Melengkapi kosakata dengan benar dan sesuai dengan
gambar
|
Complete the words by filling
in the
letters in the space provided.
(gambar karet penghapus)
(gambar buku)
(gambar kalender)
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar